Home Indonesia Wisata Makassar : Fort Rotterdam Memiliki bentuk Unik seperti Penyu

Wisata Makassar : Fort Rotterdam Memiliki bentuk Unik seperti Penyu

987
SHARE

Wisata Makassar – halo para penelusur,hari ini kita mau kasih info wisata sejarah nih yang ada di kota makassar.jika kalian berkunjung ke kota ini selain  menikmati pantai losari, rasanya kurang lengkap kalo enggak ke tempat yang satu ini. Fort Rotterdam ini merupakan sebuah benteng bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa. letaknya berada di di tepian pantai arah Barat kota Makassar sulewesi selatan, tepatnya persisnya terletak di Jln. . sampai saat ini orang-orang sering juga menyebutnya benteng ujung pandang.

benteng yang menjadi tempat Wisata Makassar ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna. pada mulanya,benteng Fort Rotterdam ini berbahan dasar tanah liat,namun ketika memasuki pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. jika dilihat dari atas,benteng ini berbentuk seperti penyu yang memiliki filosofi bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan. waw keren banget ya 🙂

Baca Juga : Indahnya Sunrise & Sunset di Tempat Wisata Pantai Losari Makassar

benteng ini memiliki nama asli Benteng Ujung Pandang,orang Gowa-Makassar juga menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa.

Kerajaan Gowa-Tallo dahulu menandatangani perjanjian Bungayyayang didalam pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda. pada saat belanda mulai menempati benteng ini,Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang tempat kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Di kompleks Benteng Ujung Pandang kini terdapat Museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Sebagian besar gedung benteng ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata di Kota Makassar.

wisata-makassar-benteng-fort-Rotterdam-1

 

wisata-makassar-benteng-fort-Rotterdam-2

 

wisata-makassar-benteng-fort-Rotterdam-3

Bagaimana? tertarik untuk liburan dan telusuri tempat wisata makassar yang bersejarah ini?

Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!!

Ayo Telusuri Indonesiamu!!

oya para penelusur, jika kalian suka dengan artikel ini tolong kasih comment dan share ya siapa tau teman-temanmu belum tau tempat wisata ini,sekalian membantu memajukan pariwisata indonesia :)