Home Indonesia Wisata 1 Hari di Labuan Bajo? Kunjungi aja Tempat-tempat ini!

Wisata 1 Hari di Labuan Bajo? Kunjungi aja Tempat-tempat ini!

3380
SHARE

telusurindonesia.com –  menjadi destinasi impian, labuan bajo menyimpan banyak sekali keindahan yang wajib untuk disambangi. ketika pertama kali menginjakkan kaki di bandara komodo pun wisatawan sudah disuguhkan dengan  indahnya Barisan bukit yang hijau. selain itu birunya lautan pun seakan menghapus lelah karena perjalanan.

selain bali, labuan bajo ini termasuk salah satu destinasi wisata yang di prioritaskan dan dikembangkan oleh pemerintah. itu terbukti dengan adanya peresmian terminal baru di bandara komodo untuk upaya meningkatkan jumlah wisatawan di kawasan ini.

selain penambahan terminal, dibuka pula rute penerbangan maskapai Garuda Indonesia, dengan rute Jakarta-Labuan Bajo yang ditempuh sekitar dua jam dengan estimasi biaya Rp1,5 juta per orang untuk sekali jalan.

upaya-upaya yang telah dilakukan ini diharapkan bisa menjadi gerbang bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dan alam bawah laut Labuhan Bajo.

nah, bagi kalian yang memang sibuk dengan rutinitas pekerjaan dan  memiliki kesempatan untuk bewisata ke labuan bajo tapi hanya memiliki waktu satu hari, coba saja kunjungi tempat-tempat ini.

Pulau Padar

pulau-padar-labuan-bajo
sumber gambar: diktatphotography.com

untuk bisa menapakkan kaki ke pulau ini kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam dengan menggunakn speed boad dari dermaga labuan bajo.

setibanya di pulau padar, kamu akan disambut dengan hamparan pasri putih yang menjadi obat lelah di perjalanan.

pulau ini cocok banget buat kamu yang suka trekking. pasalnya, untuk mencapai punyaknya dibutuhkan sedikit perjuangan namun menyengankan.

dari atas bukit di pulau pada ini wisatawan dapat menyaksikan panorama pertemuan antara Selat Sape, Laut Sawu, dan Laut Flores.

lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatwan. bahkan ada yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto pre-wedding. tak heran memang, karena tempat ini memang begitu eksotis.

yang pasti kalau  ingin datang ke pulau ini harus menyiapkan sunblock karena memang sengatan sinar matahari begitu sangat terasa. satu lagi, gunakan sepatu yang nyaman dipakai ketika digunakan untuk trekking.

Pulau Komodo

pulau-komodo-flores
sumber gambar: visitkomodotours.com

seperti kebanyakan orang bilang, belum lengkap rasanya kalau berkunjung ke labuan bajo tapi tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau komodo yang dihuni oleh sekitar 1.300 ekor komodo ini.

untuk memasuki kawasan ini wisatawan diharuskan membayar tike tmasuk sebesar Rp250 ribu untuk wisatawan asing dan Rp 55 ribu untuk wisatawan lokal.

untuk mengelilingi pulau ini wisatawan wajib didampingi oleh seorang pemandu yang sering disebut dengan local ranger untuk mengantisipasi serangan komodo.. eits gak gratis lho! wisatawan harus membayar Rp80 ribu untuk menyewa local ranger ini dengan maksimal mendampingi 5 orang wisatwan.

Baca juga: 6 Tips Aman Sebelum Menelusuri Pulau Komodo

di pulau ini wisatwan dapat meihat komodo yang hidup bebas berkeliaran. mayoritas berukuran besar, berusia tua, dan cenderung malas bergerak. biasanya mereka lebih banyak bersembunyi dan mencari tempat yang teduh siaat siang hari.

mengunjungi pulau ini tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupkan dalam hidup. jadi kalau bisa  sempatkan untuk datang ke pulau komodo ini ya.

Pantai Namong

pantai ini merupakan pantai unik karena memiliki pasir pantai yang berwarna merah muda. letaknya berada di selatan Taman Nasional Pulau Komodo.

selain pasirnya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, air di pantai ini pun masih terihat jernih. tentu wisatawan akan semakin terasa dimajakan ketika mengunjungi pantai namong ini.

Warna merah muda di pantai ini berasal dari gerusan koral yang pecah setelah dihantam ombak. Pecahan tersebut bercampur dengan pasir, hingga akhirnya membuat pasir pantai menjadi berwarna merah muda.

sambil berdiri di bibir pantai ini, wisatawan dapat melihat panorama sekitar yang cukup elok. Barisan bukit savana dan pulau-pulau kecil yang menjadi ciri kahs labuan bajo menjadi kian memanjakan mata wisatawan saat berada di lokasi.

Pulau Kanawa

pulau kanawa adalah pulau kecil yang eksotis di Manggarai Barat yang terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang, pasir putih, serta air laut nan jernih.

dengan keindahan bawah laut yang masih terjaga dan airnya yang sangat jernih. kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang hendak snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

selain bisa melihat keindahan bawah laut dar dekat, isatawan juga akan menjumpai beragam jenis ikan-ikan kecil yang yang berwarna warni. Salah satunya adalah ikan badut.

Wisata Kuliner di Kampung Ujung

wisata-kuliner-di-kampung-ujung
sumber gambar: backpangineer.com

setelah menikmati keindahan ketiga destinasi diatas tadi, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Kampung Ujung ya. karena tak lengkap rasanya wisata di labuan bajo tanpa mencicipi kulinernya.

Tempat ini merupakan pusat wisata kuliner malam hari yang letaknya strategis, karena bisa dicapai dengan berjalan kaki dari pelabuhan atau naik ojek sekitar 10 menit dari Bandara Komodo.

disini wisatawan bisa menikmati aneka hidangan laut seperti  ikan kakap merah, kerapu macan, dan gorapa merah. wajib banget nih dateng kesini untuk kalian yang memang pecinta seafood.