Home JOGJA 13 Tempat Menarik di Sekitar Malioboro yang Tak Boleh Dilewatkan

13 Tempat Menarik di Sekitar Malioboro yang Tak Boleh Dilewatkan

111955
SHARE

telusurindonesia.com Berkunjung ke Kota Gudeg Jogja memang menjadi suatu agenda liburan yang menyenangkan tentunya. kota yang terkenal dengan kehangatan dan kearifan masyarakatnya ini selalu menjadi pilihan favorit bagi sebagian masyarakat kita hingga saat ini.  selain kehangatan dan keramahannya, kota jogja juga banyak menyajikan tempat wisata yang bisa kita eksplore di dalamnya. mulai dari wisata alamnya yang terkenal begitu indah dan masih asri, wisata budaya yang begitu kental terasa hingga wisata kuliner yang terkenal unik dan lezat.

dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Jogja, Malioboro sampai saat ini masih menjadi primadona bagi para wisatawan. selain dari kalangan domestik, banyak juga turis asing yang menjadikan Malioboro sebagai tujuan utamanya.

Malioboro tak hanya dikenal sebagai surganya belanja bagi para wisatawan. namun malioboro juga bisa dijadikan refrensi wisata yang cukup murah. karena dengan mengunjungi Malioboro, wisatawan pun dapat mengunjungi 13 Tempat menarik di sekitaran Malioboro yang bisa ditempuh  dengan Berjalan kaki saja. hal itu disebabkan karena letak Malioboro yang memang berada dekat dengan beberapa tempat menarik lainnya yang tak kalah asyik untuk dikunjungi. seperti Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta dan masih banyak lagi tentunya.

Selain itu letak Malioboro pun sangat strategis yakni berada di dekat Stasiun Tugu Jogja. jadi tak heran jika Kawasan Malioboro tetap menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu selama beberapa hari di Jogja atau bahkan tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjunginya, kawasan sekitar Malioboro bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk menikmati suasana kota ini. Mana saja 13 Tempat menarik di Sekitar Malioboro Yang Bisa dikunjungi? yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Mirota Batik Jogja

Dengan menyusuri sepanjang jalan Malioboro dari arah Utara atau (stasiun Tugu) menuju ke selatan, sesekali janganlah lupa untuk menolehkan kepala  ke arah toko yang berada diujung pertokoan sekitar malioboro. karena disitu kamu akan menemukan salah satu tempat menarik yang sayang kalau tidak dikunjungi. Mirota Batik namanya, tempat ini sengaja di desain unik oleh sang pemilik yang bernama Hamzah Hendro Sutikno, yang tak lain merupakan seniman kabaret terkenal asal kota Jogja.

bangunan yang memilki sejarah panjang ini memang menjadi salah satu tempat yang wajib kamu datangi jika sedang berada di sekitaran Malioboro. asal mula nama Mirota Batik sendiri diambil dari nama usaha orang tua beliau yaitu Minuman dan Roti Tawar, yang disingkat menjadi Mirota. Mirota Batik sendiri merupakan surga belanja bagi para wisatawan yang sedang mencari oleh-oleh berupa kerajinan khas jogja untuk dibawakan kepada orang terdekat. Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini dahulu hanya berbentuk sebuah bangunan kecil saja dan barang yang dijual pun dulu tak selengkap saat ini.

mirota-batik-di-jalan-malioboro-jogja
via: tripadvisor.com

Di Mirota Batik kamu akan menemukan berbagai jenis kerajinan tangan unik yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif para seniman dari berbagai desa di kota Jogja. dan keunikan lain yang ada ditempat ini yaitu pengunjung bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan kain batik. karena di tempat ini pengunjung akan menemukan seorang wanita tua yang sedang duduk membatik secara tradisonal.

Untuk kamu yang menyukai benda-benda kuno atau ingin mengingat beberapa permainan tradisional jaman dahulu yang kini sulit ditemui juga bisa ditemukan di Mirota Batik. selain di pasar beringharjo, di mirota batik pun kamu bisa berburu kain batik dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang terjangkau.

disini terdapat juga aromaterapi, jamu atau kosmetik tradisional yang tentunya aman untuk digunakan dan terbuat dari bahan-bahan alami banyak terdapat ditempat ini. kerajinan tradisional, hiasan rumah, patung, bahkan sampai sepeda kuno pun terpanjang rapi ditempat ini. Sungguh tempat yang menarik untuk dikunjungi. Mirota Batik berada di Jl. Jend. A. Yani No. 9, Yogyakarta, tepatnya di depan pasar Bringharjo. jam bukanya mulai dari pukul 11.00 – 21.00 wib. jika  membawa kendaraan pribadi, kamu bisa parkir di sepanjang jalan malioboro atau pas di depan pasar bringharjo.