Home Indonesia Tanjung Aan, Pantai Cantik di Antara Gundukan Bukit

Tanjung Aan, Pantai Cantik di Antara Gundukan Bukit

1834
SHARE

telusurindonesia.com – Pulau Lombok terkenal dengan julukan ‘Pulau Seribu Masjid’ juga ‘Pulau Seribu Pantai’, ya memang benar Pulau Lombok memiliki jajaran pantai yang eksotis dan mengagumkan. Tak kalah dengan Bali, di Lombok pun terdapat berbagai tempat yang wajib masuk daftar kunjunganmu saat berwisata ke Lombok. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan atau yang biasa disebut Tanjung An oleh penduduk sekitarnya. Pantai ini berlokasi di Kuta Lombok, tak hanya Bali yang memiliki pantai Kuta, Lombok juga memiliki pantai dengan nama serupa.

Pantai ini terletak di daerah Mandalika Resort di Desa Kuta, Jaraknya sekitar 75 km dari ibu kota NTB yakni Mataram. Letaknya kurang lebih 3 km dari pantai Kuta, Lombok Tengah. Jika ditempuh dari bandara internasional Lombok akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Keunikan pantai Tanjung Aan terdapat pada pasirnya, sekilas tampak putih semua namun jika diamati baik – baik akan terlihat sebagian pasir yang berwarna kekuningan. Perbedaannya pun semakin terlihat jelas saat kamu meraba atau menginjak pasir tersebut, pasir yang berwarna putih terasa lembut bak tepung atau bedak bayi sedangkan yang berwarna kekuningan terasa menggumpal seperti butiran- butiran kecil ditelapak kaki hampir sama seperti merica. Maka dari itu banyak pula orang yang menyebut pantai Tanjung Aan sebagai “Pantai Tepung dan Pantai Merica”.

pantai-tanjung-ann-di-lombok
via: griyawisata.com

Pantai ini dipisahkan oleh gundukan melengkung dengan panjang lebih dari 5 km. Gundukan bukit ini memiliki ukuran yang cukup besar dan luas. Gundukan ini diperkirakan terbentuk akibat penumpukan lava di bawah laut yang mengalami pengangkatan sehingga terlihat seperti batuan-batuan besar di sekitar bukit. Juga terdapat lapisan lava yang seperti menganak tangga di depan bukit tersebut.

kalau naik ke bukit ini, kamu akan merasa seolah-olah naik gunung padahal hanya sebuah bukit yang memisahkan kedua sisi pantai. untuk urusan view gak usah ditanya lagi, dari atas bukit ini kamu bisa melihat samudera hindia yang membentang luas serta cantiknya pantai tanjung aan.

Selain gundukan bukit ada juga satu titik yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Batu Payung. Batu ini laris dijadikan objek wisata karena memiliki bentuk yang unik jika dilihat dari sudut pandang tertentu. disebut Batu Payung karena bentuknya menyerupai payung yang belum terbuka. Batu Payung sendiri pernah dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk iklan dan sering juga dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.

batu-payung-di-pantai-tanjung-ann-lombok
va: lombokwedding.com

Pesona Pantai Tanjung Aan sendiri sebenarnya cocok untuk kamu yang senang menikmati suasana santai, sepi, dan menenangkan karena Pantai ini relatif sepi. Ombaknya pun tidak terlalu tinggi, maka dari itu jarang sekali ada wisatawan yang datang kemari untuk berselancar. namun menjelang sore hari desiran ombak semakin kuat dan jarang-jarang bisa mencapai ketinggian 2-3 meter menjadikan ini momen yang pas untuk para wisatawan yang ingin berselancar. aktivitas air lainnya yang bisa kamu dilakukan di pantai ini adalah diving dan snorkling. kalau kamu lupa membawa atau tidak memiliki peralatannya, jangan khawatir! karena di tepi pantai banyak yang menyewakannya.

berjemur-di-pantai-tanjung-aan-lombok
via: caderabdul.wordpress

Bagi yang malas berbasah-basahan, berjemur di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda pun juga tak kalah menyenangkan, atau kalau berminat kamu bisa menaiki perahu boat sewaan dan memanjakan mata dengan indahnya perairan bening di Tanjung Aan. Komposisi warna yang kontras dari langit biru, air biru dan gundukan bukit hijau dijamin membuat kamu ketagihan berfoto. Kendati demikian tampaknya keindahan dan keunikan Pantai Tanjung Aan belum menarik minat para investor, di pantai ini belum ada fasilitas apapun selain hotel dan penginapan kecil. penasaran ya dengan Pantai Tanjung Aan? yuk langsung aja lihat vdeo dibawah ini!

gimana, cantik kan pantainya? kalau kamu berminat mengunjungi Pantai ini disarankan datang sekitar bulan Februari karena biasanya keadaan pantai lebih ramai, alasannya karena akan ada acara special yakni Ritual Batu Nyale. Dari cerita turun temurun warga sekitar Tanjung Aan, dahulu terdapat mitos warga setempat tentang Putri Mandalika yang melompat terjun dari atas bukit karena menghindar dari kejaran pangeran yang menginginkannya. Berdasarkan kepercayaan setempat Putri Mandalika bereinkarnasi menjadi ‘Nyale’ atau cacing laut di Pantai Tanjung Aan. oleh sebab itu di lombok selalu diadakan tradisi nyale setiap tahunnya. tertarik berlibur sambil menyaksikan tradisi unik? Tak ada salahnya memasukkan Pantai Tanjung Aan ke daftar destinasi liburanmu!