Home Indonesia Yuks Wisata Sambil Menambah Ilmu Pengetahuan di Taman Pintar Yogyakarta!

Yuks Wisata Sambil Menambah Ilmu Pengetahuan di Taman Pintar Yogyakarta!

2109
SHARE

Taman Pintar Yogyakarta – Salah satu tempat wisata sekaligus wahana bermain anak yang cukup terkenal di kota Yogyakarta adalah Taman Pintar. Taman Pintar terletak di jalan P.Senopati 1-3 Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah sekali dijangkau karena berada di tengah-tengah pusat kota Yogyakarta. Di tempat wisata ini tersedia berbagai macam obyek dan sarana bermain anak yang sangat edukatif. Diantaranya play ground atau (arena permainan anak), Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta Gedung Oval yang menyajikan akuarium air tawar dan replika hewan prasejarah. Dengan segementasi utama pelajar pra-sekolah hingga sekolah menengah bisa dengan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Secara sederhana, Taman Pintar adalah laboratorium dengan kemasan rekreasi. Target utama pembangunan Taman Pintar adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak innovator teknologi yang muncul dari Indonesia. Taman Pintar Yogyakarta buka setiap hari selasa – minggu mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Setiap hari senin Taman Pintar Yogyakarta ini selalu tutup kecuali saat hari libur nasional.

Taman Pintar Yogyakarta dibangun di kawasan bekas pusat perbelanjaan (shopping center). Dengan penataan seperti ini dengan pertimbangan adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung. Relokasi area Taman Pintar dimulai pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan. Setelah semua tahap selesai, peresmian besar-besaran (Grand Opening) digelar pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono.

 

wahana

Beberapa wahana utama di Taman Pintar Yogyakarta  yang bisa para penelusur coba antara lain :

  1. MEMORABILIA. Terdapat alat peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia, seperti sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, tokoh pendidikan, dan presiden Republik Indonesia pertama hingga saat ini
  2. PLANETARIUM. Terdapat alat peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya
  3. GEDUNG OVAL KOTAK. Terdapat berbagai alat peraga bermuatan edukasi ilmu pengetahuan (sains) dengan kemasan menyenangkan dan bisa diperagakan. Diantara alat peraga tersebut adalah diorama prasejarah, aquarium, van de graaf, perpustakaan, gamelan, tata surya, kelistrikan, dan magic step.
  4. SIMULATOR GEMPA. Zona simulator gempa ini baru dibangun pada 2013 ini. Diharapkan akhir 2013 sudah bisa melengkapi zona rekreasi edukasi di Taman Pintar.
  5. PLAYGROUND. Zona ini bisa anda gunakan untuk penyelenggaraan aktivitas luar ruangan (outdoor) dengan ukuran 5 x 30 meter berada di sisi jalan masuk. Waktu pemakaian maksimal 8 jam sehari. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Seksi Humas dan Pemasaran di nomor 0274-583631 ext.2
  6. TEATER 3 DIMENSI. Teater ini menampilkan film 3 dimensi dimana pengunjung seolah-olah berada dalam film tersebut dan terasa nyata. Teater 3D Taman Pintar berkapasitas 140 kursi dengan durasi pemutaran 15 menit sekali tayang. Tiket masuk wahana ini Umum/Dewasa Rp.20.000/orang ; Pelajar Rp.15.000/orang ; Rombongan Rp.15.000/orang.
  7. PROGRAM KREATIVITAS. Program ini menawarkan pelatihan kreativitas dalam bentuk workshop yang interaktif dimana peserta dapat membawa pulang hasil karyanya. Namun anda harus membayar tiket untuk mengganti biaya operasional dan bahan sbb: Buat Gerabah/Clay Rp   5.000,- ; Lukis Gerabah Rp 10.000,- ; Lukis Kaos Anak Rp 30.000,-; Lukis Kaos Dewasa Rp 40.000,- .Informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Seksi Pengembangan Keprograman Taman Pintar (0274-583631 Ext.3)

 

Harga Tiket

Harga tiket di Taman Pintar Yogyakarta tidaklah mahal. Taman Pintar Yogyakarta mengenakan harga tiket masuk :

  • Anak-anak Rp 8000/orang
  • Dewasa Rp 15000/orang
  • Planetarium Rp 15000/orang

 

Fasilitas

Taman Pintar Yogyakarta sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang  demi menambah kenyamanan para penellusur saat berwisata ke Taman Pintar Yogyakarta. Fasilitas – fasilitas tersebut antara lain :

  • Food Court
  • Toilet
  • Arena Bermain (Play Ground)
  • Ruang Pertemuan Multifungsi
  • Ruang Audiovisual

 

taman pintar1

taman pintar2

taman pintar3

taman pintar4

taman pintar5

taman pintar6

taman pintar7

taman pintar8

Bagaimana? tertarik untuk liburan dan telusuri wisata Taman Pintar Yogyakarta dengan keseruan wahana permainannya?

Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!!

AyoTelusuriIndonesiamu!!!

oya para penelusur, jika kalian suka dengan artikel ini tolong kasih comment dan share ya siapa tau teman-temanmu belum tau tempat wisata ini,sekalian membantu memajukan pariwisata indonesia icon smile Ayo Berakhir Pekan Bersama Keluarga di Gembira Loka Zoo Yogyakarta