Home TIPS Naik Pesawat di Musim Hujan? 5 Hal Ini yang Akan Kamu Hadapi!

Naik Pesawat di Musim Hujan? 5 Hal Ini yang Akan Kamu Hadapi!

4665
SHARE

telusurindonesia.com – Naik pesawat pada saat cuaca buruk, tentu tidak diinginkan siapa saja. Sebab, akan banyak kejadian tidak terduga yang akan kamu hadapi, baik menegangkan maupun menyebalkan. Hal-hal apa sajakah itu? Artikel ini akan membahasnya. Simak satu per satu dan siapkan mental Anda ya!

Delay

Saat cuaca buruk terjadi di sekitar bandara, pihak otoritas bandara pasti akan melarang pesawat untuk melakukan penerbangan hingga batas yang tidak bisa ditentukan. Antrean pesawat untuk terbang pun akan semakin menumpuk. Akibatnya, keterlambatan jam terbang akan terjadi (delay). Tidak hanya itu saja, pesawat yang akan datang juga dilarang landing di bandara jika cuaca benar-benar sangat ekstrem. Hal ini semakin memperpanjang waktu delay. Namun begitu, langkah seperti ini perlu dilakukan untuk menghindari kejadian fatal jika pesawat tetap dipaksakan untuk beroperasi. Jadi, jangan kesal ya jika kamu harus menunggu waktu lebih lama untuk bisa sampai di tempat tujuan. Semua demi keselamatan bersama, termasuk keselamatan kamu juga.

Baca Juga : Usir Rasa Bosanmu Menunggu Delay Pesawat dengan Cara Ini

Awan Cumulonimbus

Pada saat cuaca buruk, di atas bumi sering terjadi awan cumulonimbus. Awan ini menjulang tinggi hingga belasa meter dan sangat padat. Partikel di dalam awan cumulonimbus bisa berupa air, es, bahkan petir, sehingga sangat berbahaya bagi kestabilan dan keselamatan pesawat yang telanjur masuk ke dalamnya. Banyak pesawat yang menjadi korban karena tidak kuat menghadapi guncangan hebat akibat awan ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Awan ini sudah bisa dideteksi keberadaannya melalui radar pesawat. Pilot dibantu pihak air traffic contoller pasti akan mengarahkan pesawat untuk menghindari awan tersebut, baik dengan mengubah arah penerbangan ke kiri, kanan, atas, maupun bawah dari awan cumulonimbus.

Turbulensi

Turbulensi adalah terjadinya guncangan pada pesawat akibat masuk ke dalam awan. Hal ini lumrah terjadi di setiap penerbangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Pilot pasti akan mencari jalan aman untuk menghindari awan sehingga tidak terjadi guncangan yang kuat pada pesawat. Jika tidak bisa menghindar dari awan yang bisa mengakibatkan turbulensi, biasanya awak akan memberi informasi kepada semua penumpang. Bahkan, jika turbulensi yang terjadi diperkirakan sedikit besar, awak akan menginstruksikan kepada penumpang untuk duduk sambil mengencangkan sabuk pengaman. Ikuti instruksi tersebut dan tetap bersikap tenang. Berdoa juga bisa lebih menenangkan hatimu.

Angin dan Petir saat Hujan

Membayangkan pesawat yang sedang terbang terkena petir memang sangat menyeramkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Meskipun hujan dan petir juga terjadi di zona terbang pesawat, namun pesawat sudah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi hal tersebut. Menurut para ahli, badan pesawat dilapisi oleh bahan yang tidak mudah terbakar meskipun terkena petir. Begitu juga sayapnya yang dirancang untuk bisa menahan hempasan angin yang besar sekalipun. Jadi, hilangkan kekhawatiranmu dan tetap duduk tenang di dalam pesawat. Pesawat yang kamu tumpangi sudah sesuai standar. Begitu juga dengan keahlian pilot yang sudah berpengalaman menghadapi situasi seperti itu.

Pendaratan Sedikit Bumpy

Saat melakukan pendaratan pada cuaca buruk, pesawat akan mengalami sedikit bumpy, guncangan yang sedikit hebat. Namun, tidak perlu khawatir. Pada roda pesawat sudah dipasang berbagai alat sensor canggih yang dapat membantu pendaratan darurat pesawat di cuaca buruk. Semua sensor tersebut, baik auro brake, spoiler, maupun lainnya, akan segera bereaksi saat pesawat menyentuh runway. Kamu bisa mengurangi guncangan bumpy saat mendarat ini dengan mengikat sabuk pengaman erat-erat dan tetap mengikuti instruksi awak pesawat. Ketenangan hati tetap harus kamu jaga.

Kabar baiknya, meskipun ada beberapa hal menegangkan yang mungkin akan terjadi saat terbang di musim hujan, kamu tidak perlu khawatir. Yakinlah, pesawat sudah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi berbagai kendala tersebut. Selain itu, pihak otoritas bandara tentu akan melarang penerbangan jika cuaca memang benar-benar ekstrem. Belum lagi dengan pengalaman pilot yang sudah terbiasa menghadapi semua gejala alam tersebut. Tidak ada yang perlu kamu khawatir. Terbanglah dengan tenang dan nyaman meskipun hujan sedang turun.