Home TIPS Lakukan 4 Langkah Check In di Bandara Ini dengan Cepat Agar Tidak...

Lakukan 4 Langkah Check In di Bandara Ini dengan Cepat Agar Tidak Ketinggalan Pesawat

907
SHARE

telusurindonesia.com – Buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat, pengalaman check in di bandara tentu sangat merepotkan. Banyaknya prosedur yang harus kamu lewati sebelum naik ke pesawat, menjadikanmu bingung. Belum lagi jika waktu check in sudah mepet batas akhir. Melakukan check in secara cepat harus kamu lakukan agar tidak ketinggalan pesawat. Nah, agar kamu bisa melakukan check in dengan cepat, ini dia panduan yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Tiket dan Tanda Pengenal

Hal pertama yang harus kamu lakukan begitu sampai di bandara adalah menyiapkan tiket dan tanda pengenal. Di beberapa bandara, penumpang harus memperlihatkan tiket dan tanda pengenal tersebut jika mau masuk pintu bandara untuk melakukan check in di konter.

Namun, ada juga bandara yang baru menunjukkan tiket dan tanda pengenalnya saat di konter check in. Baik tiket maupun tanda pengenal harus mempunyai nama yang sama. Dengan kata lain, orang yang memiliki tanda pengenal itulah yang akan berangkat menggunakan tiket tersebut.

Lalu, apa jadinya jika kamu membeli tiket secara online? Biasanya, dari agen travel online akan mengirimimu e-ticket yang bisa ditunjukkan kepada petugas konter check in. Dari konter ini, kamu akan mendapatkan tiket yang sebenarnya, lengkap dengan posisi tempat dudukmu.

2. Membawa Bagasi Seperlunya

Membawa banyak barang untuk dimasukkan dalam bagasi justru akan mempersulit gerakmu. Sebab,selain ada pembatasan berat bagasi, di dalam bandara kamu akan melewati beberapa kali pemeriksaan menggunakan detektor. Coba bayangkan jika barang bawaanmu banyak. Di setiap pemeriksaan, kamu harus meletakkan semua barang tersebut ke alat detektor, kemudian menata kembali ke troli.

Belum lagi jika kamu mengenakan asesoris yang wajib dilepas, seperti ikat pinggang, jam tangan, uang recehan, dan sebagainya. Tentu akan merepotkan, bukan? Terlebih jika kamu terburu waktu mengejar batas akhir check in.

Perlu diingat, jika batas waktu check in lewat, meskipun pesawat belum berangkat, kamu sudah tidak diperkenankan untuk check in. Ini artinya, tiket kamu akan hangus. Oleh karena itu, sebaiknya
bawalah barang seperlunya. Asesoris yang biasa kamu kenakan pun lebih baik dilepaskan saja sebelum masuk bandara.

3. Mengetahui Maskapai yang Akan Digunakan

Sebelum melakukan check in, cek kembali maskapai yang akan kamu tumpangi. Sebab, setiap maskapai mempunyai konter berbeda. Bahkan, di beberapa bandara, letak konter check in setiap maskapai terpisah jauh. Kalau kamu tidak mengetahuinya terlebih dahulu, tentu akan merepotkan.

Untuk bisa mengetahui letak konter dari maskapai yang kamu gunakan, periksalah di internet atau bertanya pada petugas yang ada di bandara. Tidak perlu sungkan, karena petugas pasti akan dengan senang hati menunjukkannya.

Dengan mengetahui terlebih dahulu maskapai yang akan digunakan dan letak konternya, pekerjaan check in akan lebih cepat kamu lakukan. Dampaknya pun tidak akan fatal, seperti ketinggalan pesawat.

4. Melakukan Check In

Begitu sampai di konter maskapai yang sesuai, segera mengantrelah sambil mempersiapkan tiket pesawat dan tanda pengenal. Begitu tiba giliranmu, letakkan barang bagasi di tempat penimbangan sambil menyerahkan tiket dan tanda pengenal kepada petugas.

Jika kamu punya request khusus terkait tempat duduk yang kamu inginkan, utarakanlah kepada petugas. Biasanya, tempat duduk paling favorit adalah dekat jendela. Setelah itu, petugas akan menyebutkan berat bagasi yang ada. Jika ternyata barang bagasimu melebihi batas maksimal, kamu akan membayar kelebihannya itu. Selanjutnya, petugas akan memberimu boarding pass dan dua label khusus, satu ditempel pada bagasi dan satunya diserahkan kepadamu.

Cek kembali tempat duduk dan gerbang gate (pintu keluar) yang harus kamu lewati saat menuju pesawat yang tertera pada boarding pass. Setelah jelas, simpan baik-baik label dan boarding passmu, jangan sampai hilang. Sebab, nanti setelah sampai tempat tujuan, ada petugas yang akan mengecek kesesuaian antara nomor label bagasi pada barang dengan yang kamu pegang.

Sampai di sini, proses check ini sudah kamu lakukan. Kamu tinggal menunggu gerbang gate dibuka di ruang tunggu yang sudah disediakan. Mudah, bukan?