Home Indonesia Dahsyat, Kusir Cidomo di Gili Trawangan Bisa Raup 1jt per/hari

Dahsyat, Kusir Cidomo di Gili Trawangan Bisa Raup 1jt per/hari

981
0
SHARE

telusurindonesia.com – seperti yang kita tau, saat ini wisata lombok sedang menjadi incaran banyak wisatawan, baik itu dari dalam negeri ataupun mancanegara. selain memiliki pantai yang indah dan berkarakter, lombok juga mempunyai banyak gili (pulau) disekitarnya yang memiliki daya tarik masing-masing. salah satu yang paling populer adalah gili trawangan yang letaknya berdampingan dengan dua gili lainnya yatu gili Gili Air dan Gili Meno.

kenapa sih banyak wisatawan yang ingin berlibur ke gili trawangan? karena gili trawangan memiliki pantai cantik berpasir putih dan bebas pulusi. di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor yang berlalu lalang, hanya ada sepeda dan cidomo yang menjadi alat transportasinya. walaupun pulau ini tidak begitu besar, namun untuk mengelilinginya menggunakan sepeda saja membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. oleh sebab itu kedua alat transportasi ini menjadi andalannya.

cidomo merupakan kendaraan tradisional layaknya dokar yang ada di pulau jawa. kendaraan ini menjadi kendaraan khas di wilayah Lombok dan menjadi ikon yang hingga kini tetap dilestarikan. menurut salah satu pengelola operasional Cidomo Janur Indah di Gili Trawangan, sampai saat ini ada 32 cidomo yang dioperasionalkan untuk melayani masyarakat lokal ataupun wisatawan.

Cidomo-di-gili-trawangan
via: baligilifastboat.com

di balik kesederhanaan alat transportasi tradisional ini, ternyata setiap harinya 1 unit cidomo yang beroperasi di gili trawangan bisa menghasilkan minimal 500rb. sementara itu salah satu kusir cidomo lainnya mengaku kalau ia mampu menghasilkan Rp 1 juta setiap hari pada masa padat pengunjung. wow menggiurkan sekali! coba bayangkan sebulan dapat berapa?

pengelola itu juga menjelaskan kalau 1 unit cidomo bisa dinaiki oleh empat orang penumpang. sedangkan untuk soal tarif tergantung jarak tempuhnya. Jika melayani rombongan, satu Cidomo siap antar empat penumpang bertarif Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung jauh dan dekat jaraknya.

menurut mereka, alat transportasi tradisional yang mengandalkan kuda sebagai penggeraknya ini lebih banyak disukai oleh wisatawan asing dari pada wisatawan domestik.  untuk menjaring penumpangnya, biasanya para kusir cidomo menawarkannya pada wisatawan yang baru tiba di pelabuhan gili trawangan untuk mengantar ke tempat tujuan wisatawan.

LEAVE A REPLY