Home Indonesia Jangan coba-coba! Gunung Carstensz Bukan Untuk Pendaki Pemula

Jangan coba-coba! Gunung Carstensz Bukan Untuk Pendaki Pemula

6830
SHARE

telusurindonesia.com – Gunung Carstensz Pyramid yang terletak di papua merupakan gunung tertinggi di indonesia. ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). bahkan sering disebut-sebut gunung ini termasuk ke dalam 7 puncak tertinggi di dunia lho. karena karakteristiknya yang menantang untuk didaki, gunung ini selalu menjadi impian di kalangan pendaki gunung baik dari indonesia maupun mancanegara untuk menakhlukkannya.

namun tidak mudah untuk mencapai puncaknya. karena sangat memerlukan perjuangan yang lebih. tidak semua pendaki mampu mencapai puncaknya, apalagi bagi pendaki pemula. nah, buat kamu yang masih pemula jangan coba-coba ya. karena ada bahaya yang akan menghadangmu disana.

gunung ini memanglah bukan untuk pendaki pemula. para pendaki yang ingin mencapai puncaknya tentu harus memiliki teknik mendaki gunung yang baik dan tentunya bukan seorang pemula. bahkan banyak dari kalangan pendaki mengatakan kalau menaklukkan gunung Gunung Carstensz lebih susah daripada Everest. Karena dari tujuh puncak dunia, cuma Carstensz yang perlu kemampuan teknik memanjat saat mau mencapai puncaknya.

gunung-carstensz
via: mtnprofessionals.com

untuk mencapai puncaknya, pendaki akan mulai memanjat tebing dari mulai titik Lembah Kuning menuju Puncak Gunung Carstensz. selain itu rute pendakiannya juga terbilang sangat berat bagi pendaki pemula. belum lagi ditambah dengan curah hujan yang tinggi dan hampir setiap hari selalu diguyur hujan.

dilansir  dari laman kompas.com, Seorang pendaki gunung dari Adventure & Rescue Team, Surveyor Indonesia, Leny Surya Martina mengakui kesulitan saat mendaki Gunung Carstensz

dalam melakukan pendakiannya, ia bercerita kalo dirinya banyak menyeberang sungai dari pohon. bahkan terkadang harus melewati longsoran tanah yang membuat aktivitas pendakian kian terasa berat. karena berpijak pada tanah-tanah yang longsor itu terbilang sangat mengerikan. selain itu menyebrangi sungai tanpa menggunakan tali adalah hal yang sangat menguras mental.