Home Indonesia Ternyata Begini Cara Menuju ke Desa Wae Rebo di Flores

Ternyata Begini Cara Menuju ke Desa Wae Rebo di Flores

4846
0
SHARE

telusurindonesia.com – berbicara tentang flores yang terletak di nusa tenggara timur tentu tak lepas dari pulau komodo yang menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi. namun amat disayangkan sekali kalau kamu sudah berkesempatan berlibur ke flores tetapi hanya berkunjung ke pulau komodo saja. nah, ada baiknya kamu juga mengunjungi desa adat wae rebo yang pernah mendapatkan penghargaan dari unesco karena dianggap sangat menjaga kelestarian adat budayanya.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Tercantik di Indonesia yang Menebarkan Pesona

setiap hari banyak sekali wisatawan yang datang ke desa ini, baik dari wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara. namun pengunjung terbanyak masih didominasi oleh wisatawan mancanegara yang berasal dari eropa. di tahun 2015 saja sudah ada sekitar 4000 wisatawan yang mengunjunginya. untuk kamu yang sudah tau sekilas mengenai desa wae rebo melalui tv ataupun sosial media tentu akan bertanya, bagaimana sih cara menuju ke desa wae rebo yang cantik itu? tenang, hari ini kita bakal kasih informasinya.

desa-wae-rebo-di-flores
via: jilbabbackpacker.com

untuk mengunjungi desa ini, perjalanan akan dimulai dari Labuan Bajo – Kota Ruteng – Desa Denge – desa wae rebo. dari labuan bajo ke ruteng kamu bisa menggunakan jasa travel dengan membayar 100rb, kemudian dari ruteng bisa menggunakan ojek untuk menuju ke Desa Denge dengan membayar 150rb. total lama perjalanan dari labuan bajo sampai ke desa denge akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 8jam. nah, dari desa denge menuju desa wae rebo ini tidak ada alat transportasi yang bisa digunakan selain berjalan kaki. perjalananya akan membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan untuk sampai ke desa wae rebo

kalau sudah kemalaman, kamu bisa mencari penginapan di Desa Denge dan melanjutkan berjalanan dikeesokan harinya. selain itu kamu juga bisa menaruh barang-barang bawaan yang tidak terlalu penting untuk dibawa menuju ke desa warebo agar barang bawaan lebih ringan. menginggat waktu perjalananya cukup lama dan harus ditempuh dengan berjalan kaki.

perjalanan-menuju-wae-rebo
via: daladventure.com

jalur treking menuju ke desa waero sangat membutuhkan stamina yang prima karena jalur yang akan dilewati adalah bukit dan hutan. bagi kamu yang sudah terbiasa mendaki gunung tentu sudah menjadi hal yang biasa. namun bagi yang tidak pernah mendaki akan menjadi sedikit kendala. tapi tidak usah khawatir karena kamu bisa berstirahat sejenak didalam perjalanan. selain itu, kamu juga harus membawa perbekalan yang cukup seperti air minum dan makanan ringan untuk menambah energi. oya kalau merasa berat membawa barang bawaan, kamu bisa menggunakan jasa porter yang akan mengantar dan mengangkut barang bawaan  selama trekking dengan biaya 200rb (porter bisa membawa barang untuk dua orang)

setelah mendekati desa waerobo, wisatawan akan melewati upacara waelu. dimana porter akan membunyikan kentongan sebagai kode pemberitahuan ada tamu datang di Kampung Waerebo. kemudian kepala adat di rumah Mbaru Niang akan segera menyambut dengan ucapan selamat datang. namun ada yang unik, sebelum melewati upacara ini wisatawan dilarang mengambil foto. konon kabarnya apabila melanggar akan ada gangguan atau halangan.

wisatawan-mancanegara-di-desa-we-rebo-flores
via: detik.com

setelah sampai di desa waerebo, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu menginap atau tidak menginap. kalau menginap, kamu akan dikenakan biaya sekitar 325.000 permalam untuk satu orang, termasuk makan 3 kali. sedangkan untuk yang tidak menginap akan dikenakan biaya sekiatra 200.000 per orang. bagi yang menginap tentu akan mendapat pengalaman yang lebih seru dan mengesankan yaitu bisa bermalam dan tidur rame-rame di rumah adat Mboru Niang yang sudah disediakan khusus untuk wisatawan.

nah, itulah cara menuju desa wae rebo, semoga artikel ini bisa membantu kamu yang dalam waktu dekat ini ingin berlibur ke flores ya 🙂

LEAVE A REPLY