Home Indonesia 20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

147560
SHARE

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur. Para Penelusur pasti sering mendengan Blitar?, karena merupakan tempat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Tapi Para Penelusur tau ga wisata-wisata diblitar selain Wisata Sejarah?, berikut info tentang Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur:

1. Candi Penataran 

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur
20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Candi Penataran terletak di desa Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya yang terletak di kaki gunung Kelud, menjadikan area Candi Penataran berhawa sejuk. Candi Penataran adalah kompleks percandian terbesar dan paling terawat di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Candi Penataran ditemukan pada tahun 1815, dan belum banyak dikenal sampai tahun 1850. Komplek candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang merupakan Letnan Gubernur Jendral pada masa kolonial Inggris di Indonesia pada waktu itu.

Nama asli candi Penataran dipercaya adalah Candi Palah yang disebut dalam prasasti Palah, dan dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana Digwijayottungadewa. Raja Çrnga memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 – 1200, sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan agar dapat menetralisasi atau menghindari mara bahaya yang disebabkan oleh gunung Kelud yang sering meletus.

2. Petilasan Rambut Monte

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur
20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Wisata Rambut Monte terletak di desa Krisik, kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Wisata Rambut Monte merupakan wisata alam yang terdapat sebuah telaga, candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi dan di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh dan sawah warga setempat, yang terhampar sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini.

Setelah sampai dilokasi, untuk masuk ke dalam area wisata kita dikenakan tiket masuk sebesar 3ribu rupiah untuk orang dewasa dan 2ribu rupiah untuk anak-anak. Karena lokasi parkir berada dalam area, dikenakan biaya seribu sampai 3ribu rupiah untuk kendaraan bermotor, mobil, mini bus atau bus. Semua tariff tersebut akan berubah kalau ada moment-moment tertentu, misalnya saja pada saat musim liburan, ada kesenian atau hiburan musik. Dan berbeda lagi kalau sampai ada yang menginap, meskipun di wilayah tersebut tidak atau belum ada tempat penginapan.

3. Desa Wisata Semen

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur
20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Kampung Wisata Alam dan Ekologis “Puspa Jagad” berlokasi di Desa Semen Kecamatan Gandusari yang berjarak sekitar 5 km di selatan kawasan wisata Rambut Monte, dekat dengan wahana arum jeram serta berjarak 35 km dari Kota Blitar.

Memasuki kawasan Kampung Wisata Alam dan Ekologis “Puspa Jagad”, pengunjung akan disambut dengan gazebo yang dipenuhi dengan berbagai hiasan bunga anggrek alam yang menjadi ikon Desa Semen. Penggiat Kampung Wisata Alam dan Ekologis “Puspa Jagad” ini adalah seluruh pemuda sekitar desa yang tergabung dalam paguyuban “Puspa Jagad”.

Desa dengan luas lebih kurang 1.079,12 Ha .  Ini terbagi menjadi empat dusun, yaitu Dusun Parang, Dusun Tegalrejo, Dusun Semen, Dusun Dewi dengan pusat pemerintahan berada di Dusun Tegalrejo.

4. Arung Jeram Soko Adventure

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur
20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Soko Adventure merupakan tempat wisata bagi wisatawan yang suka tantangan, tempat ini terletak di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Petualangan arum jeram di tempat ini bisa di lakukan di dua sungai yaitu sungai Tiko dan Sungai Lekso sepanjang melakukan arung jeram para wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan yang eksotis.

Selain rafting, kayaking dan tubing juga bisa dilakukan di tempat ini, dengan peralatan yang lengkap dan di dampingi tenaga tenaga profesional yang akan memberikan rasa aman saat malakukan petualangan, untuk lebih menarik para wisatawan di tempat ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas lainnya seperti Area Outbound, Camping Area dan Café.

 5. Pantai Tambakrejo

20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur
20+ Info Lengkap Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, kurang lebih 30km ke arah selatan dari kota Blitar dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang banyak dikunjungi di Kabupaten Blitar, dengan pemandangan yang indah, pantai yang cukup bersih, air laut yang biru dan pasir putih yang terbentang menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 Km. Ombak pantai Tambakrejo pun tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain-main atau bahkan mandi di pantainya khususnya pada saat menjelang sore di mana air pantai sudah mulai surut.

Di kawasan bibir pantai Tambakrejo juga terdapat kampung nelayan dengan perahu-perahu nelayan, mencari ikan merupakan sumber mata pencarian warga di sekitar pantai Tambakrejo. Di kawasan ini juga terdapat tempat pelelangan ikin dan pasar ikan dimana para wisatawan dapat membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan.